PELATIHAN HIPNOSIS-HIPNOTERAPI-HIPNOBIRTHING

Hipnosis menjadi fenomena yang tampaknya booming saat ini di Indonesia. Dengan banyak sekali pertunjukan yang dilakukan dan pelatihan-pelatihan yang ada dengan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi sedikit orang yang mengerti tujuan utama asal mula dikembangkan hipnosis ini.
Sejak ribuan tahun yang lalu, hipnosis sudah mulai berkembang di dunia. Awal mulanya digunakan sebagai salah satu bentuk ritual keagamaan dan perlengkapan upacara suatu kepercayaan tertentu. Di Jaman Mesir kuno pun, hipnosis digunakan dalam upacara persembahan dan memanjatkan doa bagi paderi atau pendeta-pendeta mesir saat itu.
Dalam perkembangan modern, hipnosis sendiri dimulai sekitar pertengahan abad 18 dengan Franz Mesmer (seorang dokter/psikiater) memunculkan teori "animal magnetizm". Waktu itu Mezmer menganggap semua benda (makhluk hidup) mempunyai daya magnetizm yang mampu digunakan dalam penyembuhan suatu penyakit. Mezmer terinspirasi oleh teori Sir Isaac Newton tentang gravitasi. Mulai saat itulah hipnotisme pertama kali di dunia modern dikembangkan dalam dunia MEDIS, sebagai terapi penunjang pengobatan.
Hingga akhir abad 19 dan awal abad 20-an, hipnotism berkembang dalam praktek medis dengan tujuan utamanya adalah sebagai terapi PENUNJANG DALAM PENYEMBUHAN SUATU PENYAKIT (bukan PENGOBATAN; perlu diingat bahwa hipnosis bukan untuk 'Cure' tetapi 'Heal')
Pada dasarnya hipnosis adalah untuk membantu dalam kesembuhan suatu penyakit dalam hal mengurangi rasa sakit, mengurangi rasa tertekan, cemas, mempercepat proses penyembuhan hingga mengilangkan rasa sakit. Pemberian sugesti ke dalam alam bawah sadar seseorang dimaksudkan untuk tujuan tersebut.
Akhir-akhir ini hipnosis menjadi hiburan bagi masyarakat kita. Banyak sekali tayangan TV yang menyajikan acara tersebut, akan tetapi pada dasarnya bukan itu tujuan hipnosis.
Oleh karenanya, sub pengabdian masyarakat-Divisi Consultation Liaison Psychiatry FK UGM-RSUP Dr. SARDJITO, akan mengadakan seminar dan pelatihan tentang hipnosis-hipnoterapi dan hipnobirthing, guna memberikan bekal bagi praktisi kesehatan baik dokter, perawat, bidan dalam melakukan pelayanan kesehatan guna kesembuhan pasien ataupun prevensi suatu penyakit.
Info selengkapnya dapat menghubungi :

Ronny T Wirasto, dr, Sp.KJ (psikiater)
Co.POKJA Psikosomatik-Adiksi
Sub Pengabdian Masyarakat
Divisi CL-Psychiatry
FK UGM-RSUP Dr. Sardjito

Psikosomatik_medik@yahoo.com