Para Ahli yang Terlibat dalam PSIKOSOMATIK

1. PSIKIATER
adalah seorang dokter yang mendapat pendidikan khusus (spesialisasi) dalam bidang kedokteran jiwa yang dilatih untuk dapat menangani gangguan jiwa/mental, adiksi, dan gangguan terkait lainnya melalui cara-cara biomedis, hingga perilaku termasuk di dalamnya melakukan psikoterapi. Seorang psikiater harus telah menyelesaikan pendidikan dokter dan memenuhi kompetensi sebagai seorang psikiater.

Psychiatrists are trained in the medical, psychological, and social components of mental, emotional, and behavioral disorders. They order diagnostic tests, prescribe medications, practice psychotherapy, and help patients and their families cope with stress and crises. Psychiatrists often consult with primary care physicians and psychotherapists, such as psychologists and social workers (National board of psychiatry and neurology)

2. PSIKOLOG
adalah seorang profesional dan akademisi dalam bidang kesehatan mental yang mempelajari dan menerapkan ilmunya di bidang mental manusia, perilaku, hingga fungsi tubuh manusia. Psikolog dilatih untuk dapat membantu menangani berbagai masalah dalam kesehatan jiwa/mental seperti masalah rumah tangga, kehidupan sehari-hari, pendidikan.
(handbook of psychology)

Psychologists study the human mind and human behavior. Research psychologists investigate the physical, cognitive, emotional, or social aspects of human behavior. Psychologists in health service fields provide mental health care in hospitals, clinics, schools, or private settings.
(www.bls.gov)

3. Dokter Spesialis Lain
Beberapa dokter spesialis lain yang terkait dengan masalah psikosomatik adalah dokter spesialis penyakit dalam, kardiolog (spesialis jantung), spesialis paru, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis kulit dan kelamin, spesialis saraf dan spesialis THT. Dokter spesialis lain yang mendukung dalam bidang psikosomatis ini adalah spesialis anak dan spesialis rehabilitasi medik.